Rabu, Januari 29, 2020
NUSANTARA Daerah Penggunaan Dana Desa Diarahkan untuk Menggali Potensi Desa

Penggunaan Dana Desa Diarahkan untuk Menggali Potensi Desa

Pemerintah desa harus jeli mengamati potensi yang ada di desanya.

Inisiator.id – PURBALINGGA, Direktur Jendral Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti, menyebutkan penggunaan Dana Desa yang bersumber dari APBN, harus disesuaikan dengan potensi yang ada di desanya masing-masing. Untuk itu, pemerintah desa harus jeli mengamati potensi yang ada di desanya.

Menurutnya, pemerintah desa jangan sampai hanya sekadar ikut-ikutan atau latah membangun di satu sektor, hanya karena di desa lain sektor tersebut berkembang pesat. ”Contohnya, karena melihat desa lain sukses membangun BUMDes di sektor pariwisata, desa lain akan ikut membangun BUMDes serupa,” jelasnya dalam acara Diseminasi Dana Desa di pendopo Setda setempat, Jumat (26/4).

Dia menyebutkan, potensi yang ada di masing-masing desa, tidak akan selalu sama. Bila dipaksakan, justru akan menghadapi kegagalan sehingga anggaran yang telah dialokasikan tidak termanfaatkan dengan baik.

Untuk itu, Astera meminta agar upaya pemanfaatan potensi desa, harus didahului dengan proses musyawarah desa dengan menghadirkan perwakilan warga. Dengan demikian, upaya menentukan potensi desa yang bisa dikembangkan, akan menjadi lebih tepat.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan agar pemerintah desa tidak hanya fokus menggunakan dana desa untuk pembangunan infrastruktur. Sektor pemberdayaan masyarakat, juga harus menjadi perhatian lebih karena secara tidak langsung dapat mengurangi angka kemiskinan.

Untuk itu, aparatur pemerintah desa harus mulai mengubah mindsetnya. ”Yang tadinya fookus ke pembangunan infrastruktur untuk menyedot tenaga kerja, sekarang harus diubah menjadi jasa. Saya yakin sektor itu ke depan akan punya prospek yang bagus,” katanya.

Dia juga menyebutkan, ekses dari kucuran Dana Desa telah banyak membantu program pemerintah mengatasi masalah kemiskinan. ”Dari data yang kami terima, ada sekitar 6.500 desa di seluruh Indonesia yang telah terentaskan dari kemiskinan  setelah program Dana Desa di laksanakan. Kami ingin Kabupaten Purbalingga juga bisa  memperoleh manfaat serupa,” katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat yang telah mengucurkan Dana Desa dengan nilai yang cukup besar. ”Melalui dana desa, Pemdes di Purbalingga lebih leluasa untuk menyejahterakan warganya,” katanya.

Sumber Republika


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Arsip Berita

Berita Populer

Menwa Se-Jakarta Bersiap Menyongsong Rakomda Jaya 2019.

Inisiator.id Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Jakarta bersiap menyongsong pelaksanaan Rapat Komando Daerah Jayakarta (Rakomda Jaya) yang sebentar lagi akan dilaksankan dan merupakan agenda...

Di Hadapan Gubernur Anies, M. Taufik Perkenalkan Caleg Muda Gerindra Terpilih

Inisiator.id - Jakarta, Korps Alumni Himpunan Mahasiwa Islam (KAHMI) menggelar buka puasa bersama di Rumah Dinas Gubernur Anies Rasyid Baswedan, di Jalan...

Mubes PP X : Farisal Syarief “Pemuda Pancasila dan Menwa Bersinergi Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Bangsa yang Berlandaskan Pansasila dan UUD 45”

Inisiator.id - Jakarta, Pemuda Pancasila (PP) adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959,...

Massa Tolak Pemilu Curang Kepung Gedung Bawaslu

inisiator.id - Jakarta, Ribuan massa yang menolak hasil rekapitulasi KPU memadati depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Jalan MH Thamrin,...

30 Kuliner Medan yang Enak dan Menggiurkan, Sekali Coba Bikin Ketagihan

Inisiator.id Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus kota terbesar ketiga di Indonesia. Selain panorama alam yang indah, Medan juga...