Kamis, Oktober 17, 2019
TEKNOSPORT WhatApp Diserang Virus Spyware Canggih

WhatApp Diserang Virus Spyware Canggih

Inisiator.id – Lembah Valley, Media sosial Platform pesan WhatsApp mengatakan telah menutup celah yang memungkinkan virus pengintai. Virus spyware menginfeksi ponsel lewat panggilan tak terjawab (missed call). Juru bicara WhatsApp mengatakan, selama ini diduga hanya pengguna terpilih saja yang ditargetkan virus canggih itu.

Senin (13/5), Jurubicara WhatsApp mengatakan mereka tidak mengetahui seberapa luas serangan spyware yang diduga buatan Israel itu. Tetapi setidaknya puluhan individu diketahui terkena serangan setidaknya puluhan. WhatsApp mendesak para pengguna aplikasinya untuk mengunduh update terbaru aplikasi mereka untuk melindungi diri dari serangan itu.

Outlet media, termasuk Financial Times dan TechCrunch, mengidentifikasi spyware itu sebagai produk dari kelompok yang dinamakan NSO di Israel. Grup ini sudah terkenal dengan perangkat lunaknya “Pegasus” yang dapat meretas smartphone dan mengaktifkan mikrofon dan kamera serta mengumpulkan informasi lokasi dan mengirim email dan teks.

Atas berita-berita keterkaitan NSO, WhatsApp tidak memberi konfirmasi. Akan tetapi WhatsApp mengatakan mereka “tidak menyangkal” liputan-liputan media mana pun.

WhatsApp mengatakan, spyware penyerang itu mengandung “semua ciri khas sebuah perusahaan swasta. Virus  dikenal bekerja dengan pemerintah untuk menghadirkan spyware yang bisa mengambil alih fungsi sistem operasi ponsel.”

Juru bicara WhatsApp selanjutnya mengatakan, celah untuk serangan itu terdeteksi ketika “tim kami melakukan beberapa peningkatan keamanan tambahan untuk (fasilitas) panggilan suara.” Teknisi menemukan bahwa pengguna yang terinfeksi “mungkin mendapat satu atau dua panggilan dari nomor yang tidak mereka kenal. Dalam proses menelepon, kode ini dikirimkan.”

WhatsApp adalah anak perusahaan Facebook dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Perusahaan itu mengatakan, spyware canggih itu ditemukan pada awal Mei.

Peretasan ini menargetkan semua sistem operasi ponsel cerdas yang biasa digunakan, termasuk Apple iOS, Google Android, Microsoft Windows Phone dan Samsungs Tizen. WhatsApp mengatakan mereka telah memberikan informasi kepada otoritas AS untuk membantu penyelidikan.

Sumber Sayangi


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Arsip Berita

Berita Populer

Menwa Se-Jakarta Bersiap Menyongsong Rakomda Jaya 2019.

Inisiator.id Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Jakarta bersiap menyongsong pelaksanaan Rapat Komando Daerah Jayakarta (Rakomda Jaya) yang sebentar lagi akan dilaksankan dan merupakan agenda...

Di Hadapan Gubernur Anies, M. Taufik Perkenalkan Caleg Muda Gerindra Terpilih

Inisiator.id - Jakarta, Korps Alumni Himpunan Mahasiwa Islam (KAHMI) menggelar buka puasa bersama di Rumah Dinas Gubernur Anies Rasyid Baswedan, di Jalan...

Massa Tolak Pemilu Curang Kepung Gedung Bawaslu

inisiator.id - Jakarta, Ribuan massa yang menolak hasil rekapitulasi KPU memadati depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Jalan MH Thamrin,...

Buka Bersama IARMI dan MENWA Jayabaya, Okky: Momentum Berbagi

Inisiator.id - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang baik untuk berbagi kebahagiaan selain bersama keluarga, bulan yang suci ini bisa di isi dengan...

Ustaz Arifin Ilham Sempat Dituntun Aa Gym Ucapkan Syahadat dari Mekkah

Inisiator.id - Ustaz Arifin Ilham telah berpulang kepangkuan Ilahi. Dia meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit kanker di rumah sakit di Penang, Malaysia,...